Minggu, 06 Maret 2011

Percepatan Jaman

Apa yang dulu tidak bisa dilakukan sekarang bisa?? Apa yang dulu hanya dilakukan oleh orang dewasa sekarang anak2pun bisa??

Melihat Junior Master Cheff di Ausi benar2 sebuah contoh yang paling pas. Koki2 dengan umur berkisar 9 thn-14 tahun bisa menyajikan hidangan yang notabene kalau jalam kita kecil dulu hanya koki2 top yang udah bersekolah tinggi bisa melakukannya.

Dulu rasanya mana mungkin anak 9 tahun bisa membuat ala Chef profesional? Tetapi sekarang hal ini mungkin. Kemampuan yang luar biasa. Apakah ini namanya percepatan jaman??

Belum lagi dulu kalau mau berkirim surat dengan seseorang kita memerlukan pak pos dan menunggu beberapa hari kemudian selanjutnya kita membalasnya dan baru beberapa waktu lagi tahu jawabannya.

Sekarang.... tinggal buka email tulis alamat email ketik suratnya. Click send..dan sebentar kemudian kita sudah memperoleh jawabannya.

Sesuatu yang dulu tidak pernah dibayangkan bukan?? Ya percepatan dalam bidang apapun saat ini terjadi sehingga pola pikirpun harus menyesuaikan diri.

Seorang anak yang mengalami percepatan didunia sekarang apakah mengalami "percepatan juga dalam perkembangan mentalnya?" Hal ini selalu saja tergelitik di dalam pikiran. Dari segi kemampuan intelektual bolehlah disetarakan dengan kemampuan orang dewasa dalam arti mampu melakukan yang dulu hanya orang dewasa melakukannya. Tetapi dalam hal "mental" apakah juga mereka mengalami percepatan??

Dalam arti matang lebih cepat, dewasa lebih cepat dan jangan2 menua lebih cepat.. Oooo.
Mungkin ya mungkin tidak. Anak TK dan SD sekarang sudah bisa mengatakan " Aku mau pacaran sama si B", Aku pacar si A dll yang duluuuu dilakukan apabila minimal sudah akil balik.

Apakah peranan media besar?? Saya rasa YA. Lalu apa yang harus kita lakukan di jaman yang serba mengalami percepatan ini.. Hmmmm menurut saya....
1. Cobalah jadi seseorang yang berpikir dengan mengikuti perkembangan yang ada. Berpikir lebih cepat dan tepat

2. Memahami percepatan sebagai bagian dari jaman dimana kita saat ini berada dan mempersiapkan anak untuk masuk didalamnya bukan mencegahnya

3. Menerapkan cara mendidik yang jelas sudah harus berubah dibanding jaman kita dulu. 

Selamat mengalami percepatan !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar