Senin, 07 Maret 2011

Etis dan Tidak Etis

Batasan ini kian hari kian kabur dengan kemajuan jaman saat ini. Apakah karena sekaang pelajaran Etika sudah dihapuskan ?? Atau memang yang dahulu dianggap tidak etis sekarang sudah bergeser menjadi etis.

Contoh kasus antara E and TE :
1. Add friend di FB hanya untuk menambah jaringan network tanpa bermaksud berteman.
2. Melihat teman2 kita di FB terus di add satu persatu agar jaringan menjadi bertambah untuk berjualan. 
3. Berteman dan bersikap baik karena adanya simbiosis mutualisme alias saling menguntungkan. Kalau sudah tidak ada lagi maka akhirnya menjadi "salam basa basi" saja
4. Melihat hasil karya orang lain ( photo2 design misalnya ) kemudian membuat yang sangaat mirip dan bangga karena bisa meniru sama persis
5. Datang berkunjung pada jam makan dan tidur terus berkicau sampai sore hari tanpa pernah merasa bersalah.
6. Berbisnis dalam satu industri yang sama dan mengatakan bahwa barang2 yang dijualnya sama dengan barang2 yang dijual si A tetapi ini harganya lebih murah. Padahal jelas2 barang itu bukan barang si A. Serupa tapi tak sama. 
7. Memanfaatkan jam kantor untuk browsing 
8. Print warna sebanyak2nya memakai fasilitas kantor  dengan persepsi kan ga mungkin tuh kantor bangkrut gara2 numpang ngeprint doang.
9. Memakai fasilitas internet kantor untuk membuka usaha di saat jam kerja di online bisnis ( katanya mah bisnis sampingan tetapi lama2 menyita waktu kerja banyak juga ).
10. Mendeskreditkan seseorang tanpa kenal dengan baik seseorang
11. Menyebar luaskan berita yang tidak jelas kebenarannya
12. Memperbesar suatu masalah yang sebenarnya masalah itu hanya masalah kecil
13. Mengidolakan seseorang sampai apapun yang dilakukan sang idola diikuti persis sis tanpa pernah berpikir menjadi diri sendiri
14. Meminjam buku, kaset, cd ataupun barang teman tetapi lamaaaa sekali mengembalikannya dengan alasan lupa atau malah tidak dikembalikan karena kan teman gpplah.

dsb..dsb..dsb masih banyak kasus lagi.. yang kadang dianggap biasa tetapi sebenarnya sudah ada pergeseran nilai antara E dan TE.

Lalu kita bagaimana?? Marilah kita melihat apakah kita masih E atau jangan2 kita juga termasuk yang TE??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar