Kamis, 07 Juli 2011

Bagaimana kita memandang hidup ini itulah kita

Ketika kita melakukan sesuatu pernah kah kita berpikir kenapa kita melakukannya?? Untuk tujuan apakah kita melakukannya?? Atau kita hanya sekedar mengisi hari begitu saja tanpa pernah berpikir??


Cobalah anda merenungkan sejenak dan memikirkannya karena apa yang kita lakukan setiap hari dan apa yang kita pikirkan itulah yang akan membentuk bagaimana kita memandang hidup ini.


Belajar dan bergaul dengan banyak orang membuat cara pandang kita berubah dibandingkan kalau kita hanya berkutat dengan urusan intern keluarga dan kantor saja.


Yang paling bahaya kalau cara pandang kita itu dianggap sebagai sesuatu pedoman untuk menilai orang lain baik dan tidak baik. Patokan dan pedoman baik dan tidak baik dibuat dari cara pandang pribadi. Kenapa berbahaya ?? Karena belum tentu cara kita memandang itu benar dan belum tentu cara kita memandang itu tepat berada disudut pandang yang terbaik.


Anda bingung?? Contoh yang sering dibuat adalah misalnya ada 4 orang yang berdiri mengelilingi seekor gajah. Satu di depan, 2 disamping kiri dan kanan, dan 1 orang dibelakangnya.


Kemudian diberikan pertanyaan yang sama?? Apa yang anda lihat??
Orang pertama dan ke empat akan berbeda sekali. Sedangkan orang ke 2 dan 3 sama. Lalu apakah karena mayoritas mengatakan sama itu dianggap sebuah kebenaran??


Semuanya tidak ada yang benar. Kalau mau benar maka ke empat orang tersebut harus menyatukan perbedaan dan pandangan mereka sehingga akan kelihatan gambaran gajah yang sesungguhnya.


Jadi bagaimana kita memandang hidup ini biarlah itu menjadi bagian dari koreksi diri kita sendiri dan sebagai masukan untuk perubahan yang lebih baik lagi kedepannya. Bukan dipakai sebagai tolak ukur kita memandang orang lain.


Mari kita sama2 belajar berbagi sudut pandang :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar